[Review] The Great Muslimah


Assalamualaikum warrahmatullahi wabarkatuh ….

Ini untuk pertamakalinya saya meng-review buku nonfiksi. Awalnya agak ragu untuk meng-review-nya karena saya takut salah. Tapi, karena tuntutan, semoga ini tidak mengecewakan. Cek biodata bukunya dulu, yuk!

Judul : The Great Muslimah
Karya : Hanny Dewanti & Penulis Muslimah
Penerbit : Penerbit Ikon
Tahun terbit : 2019
Tebal : 223
Harga : P. Jawa – Rp. 84.000

[Blurb]

Siapa sih muslimah terbaik itu?

Muslimah terbaik adalah muslimah yang berbahagia atas apa yang ditetapkan Allah padanya. Muslimah terbaik adalah ia yang berjalan di muka bumi dengan membawa kebaikan bagi sesama. Ia tahu bagaimana cara membawa diri di tengah pergaulan masyarakat plural. Ia pun paham bagaimana menyikapi perbedaan.

Muslimah terbaik adalah engkau. Ya, engkau yang telah menghadapi berbagai cobaan dengan kesabaran. Engkau yang telah menggenggam hidayah dan mati-matian mempertahankan keimanan. Engkau yang dengan bangga menyatakan, “Aku muslimah yang akan memperjuangkan Islam!” Menjadi muslimah terbaik itu memang sulit, tapi tidak mustahil untuk dilakukan.

***

Apa perasaan saya setelah membaca buku ini?

Ada banyak hal yang saya rasakan setelah membaca buku ini. Pertama sekali saya merasa tertampar. Orang-orang butuh banyak hidayah untuk mengkenakan jilbab dan butuh banyak cobaan. Setelah berjilbab, ia semakin menekuni dan terus berusaha menjadi muslimah yang baik. Banyak hadist-hadist di dalamnya membuat saya malu membacanya lebih jauh. Ingin berhenti, tapi saya tidak rela. Saya mau belajar menjadi muslimah baik.

Kedua, saya merasa mendapat ilmu yang berlimpah. Selama ini saya banyak tidak tahu tentang bersikap yang baik selayaknya muslimah. Setelah membacanya, sekarang saya terapkan dalam kehidupan saya. Dan saya mengambil kesimpulan, lebih baik saya diam dan perbaiki diri sendiri dari pada berkoar-koar atas segala hal namun itu akan menambah dosa dari segi aspek mana pun.

Dan ketiga, aku terkagum-kagum dengan buku ini. Kenapa terkagum? Kalau kalian membacanya, pasti kalian tahu maksud saya.

***

Buku ini sungguh menginspirasi banyak manusia khususnya wanita di dunia ini. Dengan membaca ini, kita tahu harus bersikap bagaimana dan berpenampilan bagaimana. Banyak orang berkata pada seorang muslimah, “Ini enggak boleh!”, “Kamu enggak boleh pakai baju gini!”, “Muslimah kok bajunya mewah!”, “Muslimah kok selfi?”. Sejak mendengar banyak pertanyaan seperti itu di orang terdekat, pasti keluar kata-kata ini tidak boleh, itu tidak boleh. Setelah membaca buku ini, tapi bukan tidak boleh melainkan jangan berlebihan.

Buku ini sangat menginspirasi kita (muslimah) yang ingin berhijrah. Pahami buku ini dan jangan pikir kata orang terlalu jauh. Hanya kita yang tahu diri kita sendiri. Saya tidak menyesal membaca buku ini, dan semoga review saya tidak banyak salahnya. Semoga juga review saya membuat kalian tertarik membacanya dan paham seperti apa sosok muslimah yang sebenarnya.

Terima kasih untuk @buku_betty sudah berbagi buku ini pada saya. Saya sangat suka dan jatuh cinta dengan ilmu yang tertuang di dalam sana. Terima kasih juga untuk Kak Hanny yang sudah mengajarkan pembacanya bagaimana menjadi muslimah yang baik. Sukses terus untuk kalian berdua.

Salam, Nadyr ….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review] Panggung Shakespeare

[Review] Cari Cinta